Beberapa Bahaya Mengintai Jika Kaca Mobil Kusam, Ini Cara Membersihkannya

Salah satu area penting harus terus dijaga kebersihannya yaitu kaca mobil khususnya bagian depan pada area pengemudi. Jadi wajib untuk selalu dibersihkan dengan berkala agar penampilan mobil tetap bersih dan juga terhindar dari beragam jenis kotoran misalkan kerak atau jamur. Apalagi bagian yang paling cepat kotor adalah kaca, sehingga hal ini bisa jadi perhatian bagi pemilik mobil agar rutin membersihkan bagian ini. Jangan sampai kaca mobil jadi kusam karena akan berbahaya bagi pengemudi, berikut ini risiko yang akan terjadi jika kaca sudah terlalu kusam.

 

Jarak pandang jadi terganggu

Kaca yang jarang dibersihkan tentunya akan lebih cepat kusam karena berasal dari air hujan serta debu di jalanan. Dengan kaca yang kusam, maka kenyamanan mengemudi jadi terganggu karena jarak pandang terganggu dan kaca menjadi tidak bening karena dipenuhi oleh debu. Tentunya hal ini bisa membahayakan setiap pengemudi khususnya yang menyetir saat malam hari.

Tumbuh jamur dan sejenisnya

Tumbuhan jamur bisa tumbuh di mana saja termasuk pada kaca kendaraan yang tidak terawat. Jamur akan membuat bercak pada kaca sehingga bisa membuat cahaya menjadi bias sehingga cahaya akan memantul karena adanya bercak yang berasal dari jamur. Pengaruh dari adanya bercak ini maka akan mengahalangi jarak pandang dan bisa membahayakan pengemudi.

Jika gangguan di atas sudah terlanjur ada di kaca mobil, tentunya harus segera dilakukan proses pembersihan kaca agar bisa bersih dan bening lagi. Bagi yang belum tahu, berikut ini adalah cara membersihkan kaca yang sudah berjamur dan kotor.

Gunakan kain yang lembut

Cara pertama adalah menggunakan kain yang lembut dan pastinya bersih agar kaca tetap mengkilap. Jangan menggunakan kain yang kasar karena bisa saja meninggalkan goresan yang membuat kaca jadi kurang enak dipandang. Gunakan 2 buah ember, pertama untuk membersihkan bagian kaca sedangkan ember lain untuk membilas lap agar tetap bersih.

Usahakan kaca selalu kering

Kaca dengan kondisi basah lebih mudah terserang jamur jadi ada baiknya jika dalam keadaan basah bisa langsung dibersihkan menggunakan lap kering. Jika memang sudah terlanjur ada bercak, maka bisa menggunakan sabun khusus agar bisa kembali bersih. Ada baiknya juga pemilik kendaraan selalu membawa lap kering agar saat kaca basah bisa langsung dilap dan mengemudi akan tetap nyaman.

Cek karet wiper

Bagian lain yang harus dibersihkan agar kaca jadi mengkilap adalah karet wiper. Pastikan karet pada wiper masih berfungsi baik agar tidak membuat kaca tergores dan mengganggu pandangan. Jika memang karet sudah mengeras, maka bisa langsung diganti dengan sparepart baru. Biasanya karet wiper diganti setiap satu tahun sekali agar kondisi kaca juga tetap bagus.

Itu cara membersihkan kaca mobil, tentu mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya orang yang baru membeli mobil bekas melalui aplikasi lelang IBID harus mengecek bagian kaca mobil terutama area depan. Dengan aplikasi IBID, semua mobil yang dilelang akan diinspeksi oleh teknisi bersertifikat, jadi calon pembeli tidak akan kecewa.

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.